Selasa, 08 Februari 2011

APAKAH Manusia??????

Manusia terkadang hanya bisa mengkritik, bisa mencela, menjatuhkan orang lain, iri hati, benci, marah, dan seterusnya. Kalau begitu,. apakah benar perkataan seorang filsuf yg bernama Jhon Locke bahwa "pada dasarnya manusia adalah jahat"......??????

Manusia terkadang berbuat baik kepada sesamanya, mencintai, membantu orang lain, bertindak bijaksana, tidak egois, rendah hati, dan seterusnya...Kalau begitu apakah benar perkataan seorang filsuf yang bernama Mencius bahwa, "Pada dasarnya manusia adalah baik".......?????

Atau manusia itu pada dasarnya baik, lalu mempergunakan kehendak bebasnya dengan sesuka hati tanpa memperhatikan orang lain??? (Teologi Kristiani)

Seorang filsuf barat (maaf, saya lupa namanya) pernah berkata, "Kebaikan manusia pada sesamanya hanyalah alat agar manusia itu dilihat baik dan diberikan balasan atas kebaikannya".

Lalu Apakah manusia itu??
Pertanyaan ini tidak gampang dijawab. Filsafat skolastik, yang selalu berkenaan dg suatu definisi mengatakan, "Manusia adalah mahkluk yg berakal budi, krn itu ia adalah bukan hewan".

Filsafat Manusia menjawab bahwa, " manusia adalah dia sejauh dan sebagaimana adanya"

Karena itu, pikirkanlah sendiri ttg hal itu,,,,pencarian akan apakah manusia itu tak akan pernah berhenti,,,,setiap orang boleh berpendapat,,,,dan setiap pendapat tak ada ruang untuk dibantah.

Karena itu bagi saya manusia adalah: "Aku dan Yang Lain yang berpikir dan berkehendak.....Aku dan yang Lain adalah Subyek, bukan obyek......."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar